Tips Menentukan Domain Yang Tepat


Assalamu'alaikum wr wb.

Siapa yang tidak ingin mempunyai domain yang anggun untuk blog atau situsnya? niscaya semuanya menginginkan hal tersebut, entah itu bagi para blogger pemula hingga para blogger profesional, para pembisnis, dan lain-lain.

Sebelum kita merubah domain blog atau situs yang kita kelola, alangkah lebih baiknya kita menentukan domain yang tepat, kenapa yang tepat? alasannya ialah yang sempurna sudah niscaya bagus, dan yang anggun belum berarti tepat.

Memilih domain yang tepat

 Siapa yang tidak ingin mempunyai domain yang anggun untuk blog atau situsnya Tips Memilih Domain yang Tepat

Ada beberapa hal yang harus kita ketahui saat kita ingin menentukan nama dari domain kita, berikut diantaranya.

Sesuai dengan bisnis anda atau nama anda

Bagi seorang pembisnis, gunakanlah nama domain yang berafiliasi dengan bisnisnya, tetapi jangan asal, kita bisa meriset keywordnya terlebih dahulu dengan menggunakan keyword planner supaya sanggup menemukan keyword yang tepat.

Tentukan juga sasaran bisnisnya, kita akan menjual produk tersebut kepada siapa, dimana, bagaimana. Dan dari sini kita juga bisa melihat level kompetisinya, menyerupai teladan dibawah ini

Batikmurah.com : menjual batik yang murah, alasannya ialah tidak ada lokasi, dan nama domainnya berbahasa Indonesia, bisa dipastikan targetnya ialah seluruh wilayah Indonesia. (kompetisi tinggi alasannya ialah meliputi wilayah indonesia), bisa dilihat pada gambar di bawah.

 Siapa yang tidak ingin mempunyai domain yang anggun untuk blog atau situsnya Tips Memilih Domain yang Tepat

Ini berbeda dengan.

Batiktasikmalaya.com : menjual batik di wilayah Kota Tasikmalaya (kompetisi rendah alasannya ialah wilahnya hanya meliputi area kota), coba lihat gambar di bawah ini.

 Siapa yang tidak ingin mempunyai domain yang anggun untuk blog atau situsnya Tips Memilih Domain yang Tepat

Bagi seorang blogger, kita bisa menggunakan nama domain dengan nama kita, nama panggilan kita, ataupun kita sanggup mengambil dari topik yang dibahas di blognya.

: blog yang dimiliki oleh seseorang yang berjulukan Ghani.
Androidku.com : blog yang membahas perihal android.

Sependek mungkin

Buatlah supaya nama domain sependek mungkin, buatlah supaya gampang dieja, dan mendeskripsikan konten yang dibahas pada situsnya.  hal ini diharapkan supaya orang lain lebih gampang untuk mengingat nama domain situs kita. Untuk itu kita perlu menghilangkah kata-kata ataupun nomor yang tidak perlu untuk ditambahkan, selain itu juga pilihlah ekstensi yang tepat, menyerupai .com untuk komersial, .id untuk kawasan Indonesia, .ac.id untuk sekolah di Indonesia, .org untuk organisasi dan lainnya.

Jika kita kebingungan untuk menentukannya, kita bisa menentukan ekstensi .com untuk domain kita, selain sudah familiar di sekeliling kita, ekstensi ini juga terbilang murah biaya sewanya, biasanya di kisaran $10 pertahun. 

Membeli domain

Untuk mendapat domain TLD sehingga kita bisa custom domain pada blog kita, kita diharuskan untuk membayar sewa terlebih dahulu, entah itu perbulan atau pertahun, tergantung kebijakan dari sang penyedia.

Nah kini mengapa menentukan yang berbayar? kan yang gratis juga ada? jadi begini, memang ada tetapi alasannya ialah yang berbayar sudah tentu lebih terjamin kualitasnya dibandingkan dengan yang gratisan, dan juga akan lebih gampang saat pengelolaannya.

Ketika kita menggunakan domain yang gratis, kita tidak bisa merubahnya menyerupai domain yang biasa beredar menyerupai .com .id dsb. Biasanya domain gratis aksara belakangnya suka yang aneh-aneh, menyerupai .tk .co.cc yang akan terlihat kuno ketika diterapkan pada blog kita dan juga kurang terlihat kegantengannya.

Banyak penyedia sewa domain, menyerupai Godady, Namecheap, dll. selain itu juga jikalau yang belum bisa membayar dengan dollar, kita bisa menyewa penyedia yang ada di Indonesia, menyerupai Niagahoster, Rumah web, dll.

Keuntungan menentukan penyedia di luar negeri ialah pelayanannya yang memang berkualitas, tetapi kita harus membayarnya dengan dollar, dan juga kita setidaknya sedikit-dikit bisa dalam berbahasa Inggris untuk keperluan menyerupai bertanya-tanya, dan lainnya.

Keuntungan menentukan penyedia lokal ialah dalam pembayarannya yang mudah, alasannya ialah kita dengan penyedia menggunakan mata uang yang sama, dan juga saat berkomunikasi dengan penyedia akan lebih mudah, tetapi kualitas yang ditawarkan memang kualitas lokal, tidak sebagus penyedia asing, tetapi untuk yang blog atau websitenya masih berukuran kecil, tidak ada salahnya untuk menentukan penyedia ini.

Untuk blog ini saya menyewa domain di niagahoster.co.id dengan biaya pertahun Rp 115.000, jikalau sedang ada promo harganya bisa agak turun, tetapi berdasarkan saya harga segitu sudah pas untuk domain yang saya pakai yaitu .com.

Alasan saya menentukan di Niagahoster ialah dalam pembayarannya yang mudah, dulu saya membayar uang sewa melalui Alfamart, saat sudah dibayarkan, domain eksklusif aktif, dan bisa segera dipasang diblog kesayangan kita.

Nah sesudah menentukan domain yang tepat, langkah selanjutnya ialah mengganti domain situs kita.

Mungkin sekian dari saya perihal tips menentukan domain yang tepat, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.

Wassalamu'alaikum wr wb.

0 Response to "Tips Menentukan Domain Yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel