Contoh Aktivitas C++ Menjumlahkan Nilai Array

Contoh Program C++ Menjumlahkan Nilai Array - Kemarin kita telah mempelajari perihal bagaimana cara menginput nilai ke array dengan mengambil pola memasukkan banyak nilai mahasiswa, dari pola tersebut kita telah mempelajari sedikit perihal array pada C++.

Sama dengan kali ini, kita akan mempelajari perihal array pada C++, hanya saja kini kita menciptakan sebuah pola yang berbeda, yaitu contoh jadwal menjumlahkan nilai array dengan C++.

Jika ingin mengeti perihal algoritma, jangan hanya copas source codenya doang, banyaklah mempelajarinya, bagaimana cara kerjanya, menciptakan programnya, banyaklah melaksanakan percobaan, jangan menyerah, dan banyak beribadah.

Contoh Program C++ Menjumlahkan Nilai Array

 Kemarin kita telah mempelajari perihal bagaimana  Contoh Program C++ Menjumlahkan Nilai Array
Menjumlahkan nilai array pada C++

Seperti pada umumnya, ketika kita ingin memasukkan nilai ke dalam array, kita biasa memakai dengan cara perulangan. Hal ini juga sama ketika kita melaksanakan penjumlahan terhadap arraynya, berikut yakni source codenya.

Pada jadwal ini hanya menginputkan sebanyak 8 nilai saja, jikalau ingin lebih atau kurang dari itu, edit saja angka 7 pada bab perulangannya, dan jangan lupa pada bab arraynya juga dirubah.

 #include <iostream> using namespace std; int main() {     int a[8];     int jumlah;     //memasukkan data     for (int i=0;i<=7;i++){         cout<<"masukkan nilai ke "<<i+1<<": ";         cin>>a[i];     }     //penjumlahan     jumlah=0;     for (int i=0;i<=7;i++){         jumlah=jumlah+a[i];     }     cout<<"jumlah seluruhnya: "<<jumlah;     return 0; }


Karena pada langkah memasukkan data telah dibahas pada program yang sebelumnya, maka disini aku akan menjelaskan bagaimana cara kerja penjumlahannya.

Pada penjumlahan array, kita harus menciptakan suatu wadah yang kosong sebagai hasil dari penjumlahannya, pada pola di atas yakni variable jumlah=0.

Untuk proses bagaimana cara menjumlahkan nilai array pada jadwal tersebut, coba lihat tabel berikut ini, kita asumsikan seluruh array kita isi dengan nilai 2.

perulangan no (var i) nilai pada var jumlah nilai array a[i]
0 2 2
1 4 2
2 6 2
3 8 2
4 10 2
5 12 2
6 14 2
7 16 2
8 false, perulangan berhenti alasannya yakni nilai 8
tidak kurang sama dengan nilai 7,
dan nilai final variable jumlah
yakni 16
false, tidak ada nilai yang diinput

Pada dikala perulangan pertama, var jumlah diisi memakai rumus jumlah=jumlah+a[i], alasannya yakni nilai jumlah yakni 0, dan nilai array a[0] (baca: nilai array ke-0) yang berisi 2, sehingga nilai jumlah=0+2.

Pada perulangan kedua, var jumlah telah berisi nilai 2, alasannya yakni pada proses penjumlahannya kita memakai isyarat jumlah=jumlah+a[i], maka nilai dari var jumlah=2+2.

Pada perulangan ketiga, var jumlah telah berisi nilai 4, maka nilai jumlah kini jumlah=4+2.

Dan seterusnya.

Masih belum mengerti? Coba copy paste isyarat berikut dan jalankan memakai code block.

 #include <iostream> using namespace std; int main() {     int a[8];     int jumlah;     //memasukkan data     for (int i=0;i<=7;i++){         cout<<"masukkan nilai ke "<<i+1<<": ";         cin>>a[i];     }     //penjumlahan     jumlah=0;     for (int i=0;i<=7;i++){         jumlah=jumlah+a[i];         cout<<"perulangan ke-"<<i+1<<"jumlah="<<jumlah-a[i]<<"+"<<a[i]<<"="<<jumlah<<endl;     }     cout<<"jumlah seluruhnya: "<<jumlah<<endl;     cout<<"program oleh irfan muhammad ghani, ";     //program oleh irfan muhammad ghani,      return 0; }


Mungkin sekian dari aku perihal contoh jadwal C++ menjumlahkan nilai array, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan supaya bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.

0 Response to "Contoh Aktivitas C++ Menjumlahkan Nilai Array"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel