Contoh Agenda C++ Array Memasukkan Banyak Nilai

Contoh Program C++ Array Memasukkan Banyak Nilai - Kali ini kita akan mengetahui bagaimana contoh aktivitas C++ wacana array, pada perkara kali ini kita akan coba memasukkan banyak nilai/data kepada sebuah variable.

Array bisa diibaratkan sebuah gerbong kereta, gerbong kereta tersebut nantinya dapat di isi dengan nilai yang berbeda-beda.

Penulisan array biasanya berbentuk tipe_data nama_variable [banyaknya_array]; seperti int nilai[100] yang dapat diartika variable nilai mempunyai 100 gerbong yang nantinya dapat diisi oleh nilai yang berbeda-beda.

Contoh Program C++ Array "Memasukkan Banyak Nilai"

 Kali ini kita akan mengetahui bagaimana  Contoh Program C++ Array Memasukkan Banyak Nilai
Contoh Program C++

Kita akan mencoba menciptakan aktivitas mengisi nilai mahasiswa dengan memakai C++

Berikut yaitu source codenya:

#include <iostream>  using namespace std;  int main() {     char nama[100][100];     int nilai[100];     int no;      cout<<"masukkan jumlah mahasiswa: ";     cin>>no;          //input data     for (int i=1;i<=no;i++){     cout<<"masukkan nama mahasiswa: ";         cin>>nama[i];         cout<<"masukkan nilai mahasiswa: ";         cin>>nilai[i];         }              //menampilkan data     cout<<"tampilkan data"<<endl;     for (int a=1;a<=no;a++){         cout<<"nama: "<<nama[a]<<" dengan nilai: "<<nilai[a]<<endl;         }      return 0; }
Jika kita jalankan dan menginputkan nilai 2 pada jumlah mahasiswa maka akan menampilkan

masukkan jumlah mahasiswa: 2
masukkan nama mahasiswa: asep
masukkan nilai mahasiswa: 80
masukkan nama mahasiswa: ujang
masukkan nilai mahasiswa: 90
tampilkan data
nama: asep dengan nilai: 80
nama: ujang dengan nilai: 90


Penjelasan:

Pada tumpuan diatas, untuk memasukkan nilai kepada array kita memakai cara perulangan for (looping) dimana akan terus berulang dan menjalankan perintah input data jikalau nilai variable i kurang dari sama dengan nilai variable no (jumlah mahasiswa), jikalau nilai variable i sudah lebih dari variable no, maka aktivitas akan menghentikan perulangan tersebut dan melanjutkan mengeksekusi arahan yang selanjutnya.
var i var no masukkan nama ke nama[i] masukkan nilai ke nilai[i]
1 2 nama[1] nilai[1]
2 2 nama[2] nilai[2]
3 2 false false
Pada tabel diatas sudah terlihat bagaimana proses pemasukan data kedalam array variable nama dan nilai, alasannya i=1 dan terus ditambah 1 setiap perulangan, maka abjad i dalam tanda kurung siku pada array variable nama[i], dan nilai[i] akan mengikuti nilai dari variable i, sehingga saat nilai i bernilai 1, maka akan memasukkan data ke variable nama[1] dan nilai[1], kemudian saat nilai i bernilai 2 maka akan memasukkan data ke variable nama[2] dan nilai[2], dan seterusnya sampai perulangan berakhir.
Nomor apapun yang berada dalam kurung siku seperti pada nama[2] dapat dikatakan gerbong ke-2 dari variable nama, bukan isi dari variable nama.
Hal ini sama juga saat ingin menampilkan data dari array tersebut, yang dirubah hanyalah yang tadinya cin untuk menginputkan data, dirubah menjadi cout yang dipakai untuk menampilkan data.

Mungkin sekian dari aku tentang Contoh Program C++ Array "Memasukkan Banyak Nilai", terimakasih telah mengunjungi blog aku dan biar bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.

0 Response to "Contoh Agenda C++ Array Memasukkan Banyak Nilai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel