Belajar Menciptakan Power Point Yang Menarik Untuk Pemula


Belajar Membuat Power Point yang Menarik - Disini kita akan berguru bagaimana cara gampang menciptakan slide presentasi dengan power point sehingga menghasilkan suatu slide yang menarik, keren, dan tentu saja terlihat profesional.

Pengantar
Presentasi merupakan hal yang biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, entah itu di sekolah, kampus, masyarakat. Presentasi yang menarik bukan hanya dari cara berbicaranya yang memukau saja, tetapi di dalamnya juga ada slide power point yang menarik juga.

Slide power point yaitu alat bantu visual kita dalam presentasi. Dengan cara menciptakan slide power point yang menarik dibutuhkan para pendengar sanggup mendapat citra yang terperinci dan gampang diingat dari presentasi yang kita paparkan.

Belajar Membuat Power Point yang Menarik

Belajar Membuat Power Point yang Menarik Belajar Membuat Power Point yang Menarik untuk Pemula

Sebelum kita menciptakan suatu power point, ada beberapa hal yang harus kita ketahui sebelumnya biar terlihat menarik. Berikut diantaranya.

Power Point Bukanlah Suatu Makalah.
Tampilkan setiap slide kata kuncinya saja, jangan semua isi dituliskan pada slide tersebut. Alhasil audiens akan lebih menentukan membaca slidenya saja sebab semua informasi telah disampaikan daripada mendengarkan paparan dari presenter.

Tampilan Simple
Untuk menciptakan power point yang menarik, buatlah slide yang simple. Minimalist tetapi sanggup menjelaskan perihal apa yang kita paparkan, dan jangan hingga audiens kebingungan dikala melihat slide yang kita buat.

Font yang Simple Namun Menarik
Menggunakan bermacam-macam font memang dipakai biar menarik, tetapi jangan berlebihan. Gunakan juga font yang gampang dibaca, jangan menggunkan font yang alay, yang malah membingungkan audiens untuk membacanya. Gunakanlah font dengan konsisten, contohnya ada 2 font yang berbeda, satu dipakai untuk judul, dan satu lagi untuk keterangan singkat.

Warna yang Tepat
Gunakanlah warna yang tepat, jangan hingga slide kita terlihat menyerupai pelangi. Gunakan juga kombinasi warna yang sesuai, bila background terang, gunakanlah teks yang gelap. Jika background gelap, gunakanlah text yang terang.

Gambar yang Sesuai
Penggunaan gambar memang mengasikkan, penggunaan gambar akan menciptakan power point kita menarik. Gunakanlah gambar yang sesuai dari apa yang kita paparkan dari slidenya, dan juga dipakai sebagai illustrasinya juga.

Ukuran Font
Jangan memakai ukuran font yang terlalu kecil, atau para audiens akan kesusahan membacanya. Gunakanlah ukuran yang agak besar, contohnya ukuran 32,  36 atau lebih.

Belajar Membuat Power Point yang Menarik Belajar Membuat Power Point yang Menarik untuk Pemula

Kita sanggup membandingkan slide yang berada di sebelah kanan lebih menarik dari slide yang sebelah kiri. Penggunaan Font dan ukuran yang tepat, penggunaan teks yang seperlunya, serta penggunaan gambar sebagai illustrasi, menciptakan power point kita terlihat menarik dan juga profesional.

Kapital di Judul
Penggunaan karakter kapital juga perlu diperhatikan, kita menggunakannya untuk Judul dari setiap slide saja. Jangan pada semua isi dari slide yang kita buat, atau kita akan terkesan BERTERIAK pada slide tersebut.

Bolt di Bagian Penekan
Juga penggunaan bolt (tulisan tebal). Fungsi bolt yaitu menekankan area tertentu pada teks. Jangan menggunakannya di semua isi dari slide, gunakanlah seperlunya saja.

Kurangi Penggunaan Bullet
Kurangi penggunaan bullet dan numbering, kita sanggup berkreasi dengan sesuka hati dari poin-poinnya. Setiap poin sanggup kita pisah perslide. Misalkan ada 3 poin, maka pisahkanlah poin-poin tersebut menjadi 3 slide. Di dalamnya tambahkan juga aksesori menyerupai gambar, video, dan data lainnya yang bekerjasama dengan poin tersebut.

Menampilkan Data dengan Grafik
Penggunaan paragraf untuk menampilkan data akan terlihat membosankan, dan sulit untuk membacanya, maka gunakanlah grafik. Entah itu grafik batang, garis, dan jenis grafik lainnya. Menampilkan data dengan grafik menciptakan power point kita terlihat menarik, juga profesional.

Belajar Membuat Power Point yang Menarik Belajar Membuat Power Point yang Menarik untuk Pemula

Penggunaan grafik menciptakan data lebih gampang untuk dibaca, dan juga tidak terlihat membosankan.

Video
Sesekali gunakanlah video biar presentasi kita tidak membosankan. Durasinya jangan terlalu pendek dan juga jangan terlalu panjang. Gunakanlah sewajarnya saja biar audiens lebih mengerti perihal apa yang kita presentasikan.

Efek Jungkir Balik
Hindari juga penggunaan effek animasi yang alay, atau presentasi kita akan terlihat tidak profesional. Kalaupun ingin memakai effek, gunakanlah dampak yang sederhana saja, menyerupai appear dan fade biar slide kita tetap terlihat profesional

Efek Suara Seperlunya
Hindari penggunaan dampak bunyi yang alay, menyerupai dikala kita klik sesuatu akan terdengar bunyi tembakan, atau akan terdengar bunyi orang yang bertepuk tangan. Kalaupun ingin memakai dampak suara, gunakanlah dampak yang tepat, yang sejalan dengan presentasi dan slide kita.

Mulai untuk Membuat Power Point

Kita tadi sudah mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menciptakan suatu slide power point, di sini kita akan membuatnya dengan memakai aplikasi microsoft power point. Untuk versinya di sini saya memakai Microsoft Power Point 2016, untuk versi yang lainnya juga sanggup dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini, sebab intinya caranya sama saja. Berikut yaitu langkah-langkahnya.

Bab 2 pengenalan power point
Tak kenal maka tak sayang, begitulah kira-kira pepatahnya. sebelum kita memulai menciptakan slide presentasi dengan memakai power point, alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan software satu ini. Kita akan mengetahui tools apa saja yang sering dipakai pada power point ini. Baca selengkapnya...

Bab 3 menciptakan slide power point, sederhana namun menarik 
Setelah kita mengetahui tools apa saja yang sering digunakan, selanjutnya kita akan mencoba menciptakan suatu slide power point, dengan sederhana namun tetap menarik bagi para audiens. Baca selengkapnya...

Bab 4 memakai hyperlink
Menggunakan hyperlink akan memudahkan kita dalam presentasi, contohnya menciptakan halaman main sajian dan sebagainya, kita sanggup berkreasi dengan memakai hyperlink yang ada di power point ini. Baca selengkapnya...

Bab 5 menambahkan animasi 
Bermain main dengan animasi, kita akan coba menciptakan animasi dengan memakai power point. Dengan menambahkan animasi, kita sanggup berkreasi sesuka hati kita untuk menciptakan suatu hasil yang menarik. Misalnya kita sanggup menciptakan animasi loading, charge, komik, dan sebagainya. Baca selengkapnya...

0 Response to "Belajar Menciptakan Power Point Yang Menarik Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel