Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Di Play Store

Memang aneh, padahal memori yang ada diperangkat android kita masih ada space kosongnya, tetapi kita tidak sanggup mendownload aplikasi lewat Play Store, ketika mengunduh muncul peringatan "Tidak Cukup Ruang pada Perangkat" atau "Insufficient Space". Entah kenapa hal tersebut terjadi.

 padahal memori yang ada diperangkat android kita masih ada space kosongnya Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang pada Perangkat di Play Store

Hal ini pernah terjadi pada ponsel saya (Cross A7* dan Andromixx KMC100) dan ponsel saudara saya (Oppo), dan dari beberapa insiden tersebut, saya akan menggabungkan cara mengatasinya ke dalam postingan ini. Berikut akan kita bahas.

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang pada Perangkat di Play Store

Cara ini sudah saya coba pada ponsel yang saya sebutkan di atas semoga mengatasi error tidak cukup ruang pada perangkat. Untuk versi androidnya ialah versi ICS dan JB. Kita tidak akan tahu cara di bawah ini berhasil atau tidak pada versi/perangkat lain ibarat lenovo, samsung, dan lainnya jikalau kita tidak mencobanya terlebih dahulu (Jangan Takut Mencoba). Berikut diantaranya:

Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu
Melihat dari errornya, yaitu tidak cukup ruang pada perangkat, coba kita hapus satu atau beberapa aplikasi yang memang jarang atau tidak dipakai sama sekali pada ponsel android kita, untuk menghapusnya kita sanggup melakukannya dengan cara:
Buka Pengaturan > Aplikasi > Keola Aplikasi > Pilih Aplikasinya > Copot Pemasangan.
Jika ada aplikasi bawaan ponsel yang memang tidak dipakai tetapi tidak sanggup dihapus, kita sanggup menghapusnya dengan cara ponsel android kita harus rooted terlebih dahulu, jikalau belum sanggup membaca Cara Root Android Tanpa PC, sesudah final unduh aplikasi Titanium Backup, dan ikuti langkah-langkah berikut ini:
Buka aplikasi Titanium Backup > Backup/Restore > Pilih aplikasi yang akan dihapus > Un-install!
Pindahkan Aplikasi ke SD Card
Mungkin sanggup saja alasannya memori internal sudah hampir penuh, muncul peringatan error tidak cukup ruang pada perangkat, dan untuk mengatasinya kita sanggup memindahkan aplikasi ke sd card, dengan cara:
Buka pengaturan > Aplikasi > Keola Aplikasi > Pilih Aplikasinya > Pindahkan ke kartu SD.
Karena secara default aplikasi ibarat BBM, dkk tidak sanggup dipindahkan, ada cara lain untuk memindahkan aplikasinya asal android kita sudah rooted, dan mempunyai aplikasi Titanium Backup, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:
Buka aplikasi Titanium Backup > Backup/Restore > Pilih aplikasi yang akan dipindahkan > Slide ke kanan (Special features) > Move to SD card.
Set Lokasi Penyimpanan ke SD Card
Pada beberapa kasus penggunaan cara ini sanggup saja mengatasi error tidak cukup ruang pada perangkat, dan untuk melakukannya sanggup dengan cara:
Buka Pengaturan > Aplikasi > Lokasi pemasangan yang disukai > SD card / kartu SD.
Hapus Junk Files
Junk files ialah file yang sedikit atau mungkin tidak dipakai sama sekali pada android, kita sanggup melihatnya dengan memakai aplikasi file manager ibarat Root Explorer atau ES file manager, jikalau kita masuk ke SD card > DCIM, di sana akan ada folder yang berjulukan .thumbnails yang ukurannya terkadang sangat besar sekali.

Thumbnails biasanya ialah foto kecil sebagai penambil gambar mini, dan jikalau ukurannya sudah besar, kita sanggup menghapus folder tersebut semoga sanggup mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat.

Jika tidak ingin ribet, kita sanggup memakai aplikasi santunan ibarat Clean Master untuk menghapus junk files.

Hapus Cache
Untuk mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat, kita sanggup melakukannya dengan menghapus cache. Ada 3 cara untuk melaksanakan peniadaan cache ini, yang pertama ialah eksklusif dihapus melalui pengaturan, memakai santunan aplikasi pihak ke-3, dan melalui recovery. Untuk melakukannya sebagai berikut:
Dari Pengaturan: Buka Pengaturan > Aplikasi > Keola Aplikasi > Pilih aplikasinya > Hapus cache.
Menggunakan santunan aplikasi cache cleaner, ibarat 1Tap Cleaner Pro, dsb atau sanggup dengan mencarinya di Google dengan kata kunci "Cache Cleaner".
Melalui Recovery: Matikan ponsel > nyalakan sambil menekan tobol power + vol up (tidak semua ponsel sama) > pilih wipe cache partition. Juga sanggup dengan menghapus dalvik cache, dengan cara: Pilih advanced > wipe dalvik cache.
Menggunakan lucky patcher: Buka aplikasinya > Toolbox > Bersihkan dalvik-cache dan Reboot.
Semoga saja salah satu dari beberapa cara di atas sanggup mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat android kita.

Mungkin cukup sekian dari saya perihal cara mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat di play store, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.

0 Response to "Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Di Play Store"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel