10 Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat

Mengatasi Komputer Lambat - Masalah yang dialami oleh komputer atau laptop akan menghambat kerja kita ketika menggunakannya, entah itu ketika bermain game, ngetik, browsing, apapun itu pastinya akan sangat menghambat. Salah satunya yaitu laptop atau komputer yang lambat, yang disebabkan oleh majemuk sebab, ada dari segi hardware dan juga softwarenya.

Oleh lantaran itu, di sini kita akan membahas beberapa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi komputer lambat, berikut akan kita bahas.

10 Cara Mengatasi Komputer yang Lambat

 Masalah yang dialami oleh komputer atau laptop akan menghambat kerja kita ketika menggunaka 10 Cara Mengatasi Komputer yang Lambat
Beberapa cara yang disuguhkan di sini mungkin sanggup mengatasi duduk kasus yang dialami oleh laptop atau komputer kita, berikut diantaranya:

1. File Sementara yang Menumpuk
Ketika kita menjalankan program, entah itu untuk bermain game, browsing, dsb, secara otomatis akan ada file sementara yang terus disimpan. Misalnya ketika browsing, file yang tersimpan umumnya ialah file cookie, dan history. File-file tersebut akan terus bertambah dan menumpuk ketika kita terus menerus melaksanakan browsing, dan pastinya akan menciptakan hard disk pada laptop atau komputer kita semakin berkurang.

Untuk mengatasi komputer lambat lantaran penyebab ini, kita sanggup menghapus file-file sementara tersebut, caranya:
Tekan Windows + R > ketik cleanmgr > pilih disk yang ingin dibersihkan > Ok.
Atau juga sanggup dengan menggunakan dukungan aplikasi lain, menyerupai CCleaner dan Advanced System Care.
2. Aplikasi yang Terlalu Banyak
Aplikasi yang terlalu banyak juga sanggup menghambat kinerja dari laptop atau komputer kita, apalagi aplikasi yang selalu berjalan di background secara otomatis, contohnya menyerupai anti virus, aplikasi chat, dsb.

Pemasangan yang tidak terlalu banyak mungkin tidak mengakibatkan duduk kasus yang serius, tetapi kalau terlalu banyak, kapasitas RAM yang ada semakin banyak yang terpakai dan kinerja komputer pun akan semakin berkurang.

Cara mengatasi komputer lambat lantaran duduk kasus ini, kita sanggup menghapus beberapa aplikasi yang jarang atau tidak terpakai sama sekali, caranya:
Pilih Start > Control Panel > Uninstall a jadwal > pilih jadwal yang akan dihapus > Pilih Uninstall.
Tidak membuka banyak tab ketika browing.
3. Spesifikasi Komputer Tidak Masuk dalam Spesifikasi Minimum Aplikasinya
Ini sering terjadi pada gamer low budget menyerupai saya salah satunya :v , kita ingin menjalankan suatu game yang minimun spesification requiment-nya melebihi spesifikasi komputer kita, dan kesannya ketika dipasang, laptop akan terasa berat, apalagi ketika menjalankan game-nya, low grafik juga masih nge-lag apalagi kalau set high.

Nah untuk mengatasi komputer lambat lantaran alasannya ini, pola yang sanggup kita lakukan adalah:
Upgrade hardware komputer, contohnya tambah kapasitas RAM, ganti prosessor yang gahar, dsb.
Bukan hanya itu saja, kita juga harus melihat sistem operasi yang pantas untuk dipasang pada komputer kita, untuk melihatnya, kita sanggup mengunjungi:
Untuk windows 7: http://windows.microsoft.com/en-us/windows7/products/system-requirements
Untuk windows 8: http://windows.microsoft.com/en-us/windows-8/system-requirements
Untuk windows 10: https://www.microsoft.com/en-us/windows/windows-10-specifications#sysreqs
4. Komputer yang Sudah Lama
Teknologi yang semakin maju menjadikan layanan yang dihasilkannya pun semakin canggih, dan juga hardware pendukungnya pun terus ditingkatkan. Penggunaan komputer yang sudah berumur, tidak sanggup terus menerus mengikuti perkembangan teknologi, apabila tetap mengikutinya dengan hardware yang tetap, maka yang akan terjadi ialah performa yang menurun dan mengakibatkan pengalaman pengguna yang buruk.

Cara untuk mengatasi komputer lambat lantaran alasannya ini, sanggup dengan melakukan:
Upgrade Hardware, Membeli perangkat gres yang lebih mumpuni.
Menggunakan sistem operasi Linux, komputer/laptop usang yang dipasang OS Linux akan terasa lebih smooth.
5. Hardware yang Rusak atau Kotor
Hardware yang kotor atau rusak sanggup mempengaruhi kinerja dari komputer kita, atau mungin kalau kerusakan ada pada serpihan hardware yang vital, akan mengakibatkan komputer tidak sanggup dipakai sama sekali.

Cara mengatasi komputer lambat yang disebabkan oleh duduk kasus ini adalah:
Mengganti hardware yang rusak, atau sambil mengupgrade hardwarenya.
Melakukan pencucian yang berkala.
6. Terinfeksi oleh Virus
Bisa jadi penyebab komputer kita yang lambat itu ialah adanya virus yang bersarang di dalamnya. Terkadang ada virus yang menghabiskan memori RAM di komputer sehingga performa komputer semakin berkurang. Apapun jenis virus pastinya merugikan untuk kita.

Cara untuk mengatasi komputer lambat dari permasalahan ini adalah:
Memasang anti virus, kalau saya menggunakan anti virus avast sudah cukup untuk mengatasi virus yang hinggap di laptop saya. Menggunakan 1 anti virus sudah cukup, kalau terlalu banyak malah memberatkan kinerja komputer kita.
7. Menjalankan Banyak Aplikasi Bersamaan
Menjalankan aplikasi secara masuk akal memang tidak akan menciptakan masalah, tetapi kalau membuka banyak aplikasi sekaligus, ini sanggup membebani performa komputer kita lantaran memori ram akan banyak yang terpakai, dan belum lagi terpakai untuk aplikasi yang berjalan di background.

Cara untuk mengatasi komputer lambat dari duduk kasus ini adalah:
Menggunakan aplikasi seperlunya, serta kalau sudah final menggunakan aplikasi, eksklusif di tutup saja.
Hapus aplikasi yang jarang atau tidak dipakai sama sekali.
8. Non-aktifkan Startup yang Kurang Penting
Startup ialah layanan yang eksklusif berjalan ketika komputer dihidupkan. Startup yang bermanfaat sanggup diaktifkan menyerupai jadwal anti virus, tetapi kalau startup programnya yang kurang bermanfaat, kita pisa menonaktifkannya supaya sanggup mengatasi komputer lambat. Caranya:
Tekan Window + R > ketik msconfig > pilih tab startup > hilangkan ceklis pada startup yang kurang bermanfaat > Ok.
9. Mendefrag Hard Disk
Coba kita lakukan defrag hardisk kita semoga sanggup mengatasi duduk kasus ini, caranya:
Buka Windows Explorer > Klik kanan > Properties > Tools > Defragment Now.
10. Hard Disk yang Penuh
Penyimpanan yang kosong pada hard disk pun harus diperhatikan, jangan hingga hard disk dibiarkan penuh lantaran akan mengakibatkan performanya menurun. Langkah yang harus dilakukan adalah:
Menghapus file-file yang tidak penting.
Memindahkannya ke hard disk eksternal.
Bonus Paling Manjur
Yang paling manjur untuk mengatasi komputer lambat berdasarkan saya ialah dengan:
Meng-upgrade hardware yang ada pada komputer > menghapus seluruh data yang ada pada hard disknya atau memindahkannya > menginstall ulang dengan sistem operasi yang sesuai > update drivernya > install aplikasi yang seperlunya saja > install anti virus yang gahar > lakukan perawatan, menyerupai pencucian file dan jeroan komputer secara berkala.

Nah mungkin itu saja yang sanggup disampaikan pada postingan kali ini yang berjudul 10 cara mengatasi komputer yang lambat, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.

0 Response to "10 Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel