Panduan Terlengkap Berguru Microsoft Word Bagi Pemula
Microsoft Word yaitu salah satu dari banyaknya aplikasi pengolah kata yang tersebar di dunia. Namun Microsoft Word lah yang paling terkenal diantaranya.
Karena kepopuleran ini, tidak sedikit orang yang ingin berguru microsoft word, sehingga yang tadinya pemula menjadi lebih jago dalam menggunakannya.
Penggunaan Microsoft Word sendiri biasanya dipakai untuk mengerjakan suatu dokumen ketikan, menyerupai makalah, laporan praktikum, surat, label undangan, dan masih banyak lagi.
Namun bagaimana tahapan-tahapannya? Dari mana kita sanggup memulai berguru microsoft word?
Oke untuk menjawabnya, Berikut adalah...
InshaAllah dari Nol hingga Selesai.
[update]Mungkin pada dikala postingan ini gres dibuat, postingan ini belum terlalu lengkap, jadi setiap waktunya postingan ini akan terus diupdate, jadi bookmark halaman ini ya..[/update]
Disini saya menggunakan versi Microsoft Word 2016, tapi jangan khawatir, bagi teman-teman yang menggunakan versi lainnya, teman-teman sanggup menggunakan tutorial yang berada pada panduan ini, hanya saja mungkin ada beberapa hal yang agak berbeda.
Langsung saja, kita mulai dari..
Untuk memulai Microsoft Word, kita sanggup melakukannya dengan beberapa cara, diantaranya ialah:
1. Klik Start > All Programs > Word 2016. Untuk Microsoft Word versi lama, Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Word...
2. Pada kotak pencarian, masukkan "winword" atau "word".
Microsoft Word akan terbuka, selanjutnya kita kenalan dengan bagian-bagiannya.
Penjelasan:
1. Quick Access Toolbar: Secara defaul berisi tombol save, undo, dan redo, namun masih bisa ubah sesuaikan kembali.
2. Title Bar: Judul / Nama dokumen yang sedang dibuat.
3. Icon Control Window: Untuk melaksanakan minimize window, full window / windowed mode, dan mengeluarkan program.
4. Tab Menu.
5. Tell Me: Untuk mencari tools yang diinginkan.
6. The Ribbon: Berisi sekumpulan tools yang terdapat disetiap Tab Menu.
7. Vertical Ruler: Penggaris vertikal.
8. Horizontal Ruler: Penggaris horisontal.
9. Document Area: Lembar kerja di Microsoft Word dimana kita biasa ngetik.
10. Vertical Scrollbar.
11. Status Bar: Berisi banyaknya halaman, banyaknya kata, dan lainnya.
12. Mode pembacaan dokumen dan pengaturan zoom.
Untuk memahaminya, teman-teman sanggup mencoba-coba klik pada bagian-bagian tersebut untuk melihat hasilnya.
Teknik mengetik menggunakan 10 jari, sebab 11 jari sudah terlalu mainstream 😂
Untuk melakukannya bekerjsama gampang, apalagi kalau teman-teman sebelumnya sering mengetik di hp yang keyboardnya qwerty, tata letak keyboard komputer niscaya mudah untuk diingat.
Namun hafal tata letak saja tidak cukup. Meskipun tata letak sudah ingat di luar kepala, namun dikala ngetiknya masih menggunakan teknik 11 jari, kecepatan mengetik akan lebih lambat dibanding dengan menggunakan teknik 10 jari.
Untuk melaksanakan teknik 10 jari, tipsnya mudah sekali, kita hanya perlu metakkan jari telunjuk asisten di tombol "J", jari telunjuk tangan kiri di tombol "F", dan tombol spasi pakai Jempol.
Kita sanggup melihat ilustrasinya:
Saat pertama kali memang kaku, sulit menyesuaikannya sebab sudah terbiasa dengan teknik 11 jari. Namun dengan latihan terus menerus akan terbiasa.
Proses tidak akan menghianati hasil ya teman-teman..
Sekarang ketik goresan pena apa saja sebanyak 4 baris atau beberapa baris.. yang pastinya menggunakan teknik 10 jari.. Lalu lanjut...
Sekarang kita akan mengatur penulisan di Microsoft Word, menyerupai mengatur ukuran font, jenis font, rata baris, dan lain-lain.
Kita sanggup mengatur typografi (tata penulisan) di Microsoft Word pada dikala sebelum memulai mengetik, dan sesudah mengetik isi dari suatu dokumen.
Barusan teman-teman telah mengetik beberapa baris, kini blok seluruh goresan pena yang telah dibuat, dan sambil di praktikkan.
Pengaturan dasar tata penulisan terletak pada Ribbon Tab Menu Home.
Penjelasan perkotak dari kiri ke kanan:
1. Kotak untuk memilih jenis font; Kotak untuk memilih ukuran font / teks; Untuk memperbesar font; Untuk memperkecil font; Mengatur penggunaan karakter besar atau kecil pada kalimat / teks; Untuk mengembalikan format penulisan.
2. Untuk mengatur bullet; Untuk mengatur numbering; Untuk mengatur bullet and numbering.
3. Untuk mengatur teks supaya menjorok ke luar; Untuk mengatur teks untuk menjorok kedalam;
4. Untuk menebalkan teks; Untuk memiringkan teks; Untuk menambahkan garis bawah pada teks; Untuk mencoret teks; Untuk menciptakan goresan pena kecil dibagian bawah teks; untuk menciptakan goresan pena kecil di atas teks (seperti pangkat contohnya); Menambahkan pengaruh pada teks; Menandai teks; Mengatur warna teks.
5. Mengatur goresan pena rata kiri; Mengatur goresan pena rata tengah; Mengatur goresan pena rata kiri; Mengatur goresan pena rata kanan dan kiri.
6. Untuk mengatur spasi.
7. Menambahkan warna background teks.
Untuk menyimpan dokumen, caranya:
Klik Tab Menu File > Save, atau dengan menekan CTRL + S pada keyboard.
Klik browse, tentukan letak penyimpanannya dimana.
Masukkan nama filenya dan tentukan jenis filenya.
Ada banyak jenis file yang terdapat dalam sajian ini, diantaranya:
Namun biasanya pilihan yang banyak dipakai adalah:
1. Word Document: untuk menyimpan dengan jenis file Word yang sedang dijalankan. (dapat diedit kembali)
2. Word 97-2003 Document: untuk menyimpan dengan jenis file Word 2003. (dapat diedik kembali)
3. PDF: untuk menyimpan dengan jenis PDF. (tidak sanggup diedit kembali)
Untuk mencetak dokumen Microsoft Word,
Klik Tab Menu File > Print, atau dengan menekan tombol CTRL + P di keyboard, kemudian klik Print.
Nah sesudah kita berguru dari atas hingga pecahan ini, kita telah bisa untuk mengoperasikan dasar-dasar penggunaan Microsoft Word.
Selanjutnya tutorial akan berada pada postingan terpisah.. Berikut diantaranya...
Sebelumnya kita telah bisa untuk mencetak dokumen degan mode berwarna, kini kita akan mencetak dokumen dengan mode hitam putih.
Print dengan mode hitam putih sangat membantu sekali, salah satunya untuk menghemat pengeluaran dikala ngeprint dokumen di warnet atau daerah pengetikan.
Baca selengkapnya di: Cara Print Hitam Putih di Word
Terkadang kalau jarak antar barisnya terlalu sempit, goresan pena akan sulit untuk dibaca, begitupun juga kalau jarak antar barisnya terlalu renggang, jadi pilihlah jarak spasi yang pas.
Baca selengkapnya di: Cara Mengatur Jarak Spasi Antar Baris dan Paragraf di Microsoft Word
Biasanya pada dikala menciptakan suatu tugas, misalnya laporan praktikum, ada ketentuan-ketentuan penulisannya. Salah satunya yaitu jarak marginnya.
Untuk mengetahui bagaimana cara mengatur margin,
Baca Selengkapnya di: Cara Mengatur Margin di Microsoft Word
Untuk menciptakan tabel,
Baca selengkapnya di: Cara Lengkap Membuat Tabel di Microsoft Word
Nah ada solusinya nih biar kita tinggal ngetik aja tanpa meluruskannya..
Baca selengkapnya di: Membuat Ruang Tanda Tangan yang Rapih di Word
Baca selengkapnya di: Cara Membuat Tulisan Berkolom di Word
Baca selengkapnya di: Cara Membuat Drop Cap
Memasukkan dan mengatur gambar di Microsoft Word.
Terkadang kita agak kesusahan untuk mengatur suatu gambar, ketika gambar digeser, goresan pena menjadi acak-acakan.
Untuk mengaturnya,
Baca selengkapnya di: Cara Memasukan gambar
Header sangat mempunyai kegunaan sekali ketika menciptakan suatu dokumen. Contohnya kita sanggup memasukkan nomor halaman, kita sanggup menggunakannya untuk kop surat, dan lain-lain.
Untuk mengatur header,
Baca selengkapnya di: Will be updated soon
Sama menyerupai header, biasanya kegunaan footer yaitu untuk penomoran halaman. Namun kita juga bisa menggunakannya untuk banyak sekali hal lainnya, menyerupai untuk nama penulis, judul dokumen, dan lain-lain.
Untuk mengatur footer,
Baca selengkapnya di: Will be updated soon
Membuat penomoran pada halaman di pecahan atas atau bawah dokumen, entah itu berbentuk angka, romawi, atau huruf.
Baca selengkapnya di: Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word
Untuk menciptakan border pada dokumen,
Baca selengkapnya di: Cara Membuat Border di Microsoft Word
Nah kali ini kita akan menciptakan daftar isi yang otomatis, jadi kita hanya perlu sekali saja untuk menyesuaikannya. Untuk caranya,
Baca selengkapnya di: Membuat Daftar isi Otomatis
Baca selengkapnya di: Will be updated soon
Kini tinggalkan cara usang yang manual. Untuk membuatnya secara praktis, ada cara otomatisnya, kita hanya perlu memasukkan data-data sumbernya, dan klik sana klik sini, selesai.
Baca selengkapnya di: Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word
Apalagi yang sering menyebarkan dokumen di internet, dengan menggunakan watermark sumber identitas pemilik inshaAllah tidak akan terhapus.
Baca selengkapnya di: Cara Membuat Watermark di Word
Cara mencari suatu kata atau kalimat di dalam dokumen Microsoft Word. Namun bukan hanya mencari saja, kita juga bisa mengubah kata yang dicari tersebut.
Misalnya di dalam suatu dokumen terdapat pecahan yang typo, menyerupai kata "paralel" yang seharusnya "parallel" sebanyak 40 kali. Nah untuk menggantinya, biasanya kita menggantinya satu persatu, dan dijamin ribet.
Nah dengan kemampuan Find and Replace ini, kata yang sebanyak 40 kali tersebut sanggup diubah dengan serentak, dan yang pastinya praktis.
Baca selengkapnya di: Mengganti Tulisan yang Sama secara Serentak
Ada 2 cara yang bisa kita gunakan, yaitu dengan Microsoft Word itu sendiri dan dengan menggunakan software tambahan.
Baca selengkapnya di: Cara Menulis Rumus Matematika di Word
Baca selengkapnya di: Cara Membuat Label Undangan di Microsoft Word
Dengan dasar ini, kita sanggup mengembangkannya menjadi hasil yang lain, menyerupai surat permintaan yang penerimanya banyak, label untuk buku pelajaran, dan lain-lain.
Terkadang pada hal tertentu kita bisa saja harus menggunakan ukuran kertas F4 pada lembar kerja microsoft word, namun sayangnya ukuran F4 pada microsoft word tidak tersedia, sehingga harus kita setting dengan manual.
Baca selengkapnya di: Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word
Masih ada yang kurang dari Panduan Belajar Microsoft Word ini?
Kalau begitu teman-teman sanggup melaksanakan request panduannya di kolom komentar.
Teman-teman juga sanggup bertanya di kolom komentar.
Mungikin sekian dari panduan ini, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr wb.
Karena kepopuleran ini, tidak sedikit orang yang ingin berguru microsoft word, sehingga yang tadinya pemula menjadi lebih jago dalam menggunakannya.
Penggunaan Microsoft Word sendiri biasanya dipakai untuk mengerjakan suatu dokumen ketikan, menyerupai makalah, laporan praktikum, surat, label undangan, dan masih banyak lagi.
Namun bagaimana tahapan-tahapannya? Dari mana kita sanggup memulai berguru microsoft word?
Oke untuk menjawabnya, Berikut adalah...
Panduan Terlengkap Belajar Microsoft Word bagi Pemula
Dalam panduan ini, akan disuguhkan kumpulan-kumpulan tutorial yang sanggup membantu teman-teman semua mempelajari Microsoft Word lebih dalam.InshaAllah dari Nol hingga Selesai.
[update]Mungkin pada dikala postingan ini gres dibuat, postingan ini belum terlalu lengkap, jadi setiap waktunya postingan ini akan terus diupdate, jadi bookmark halaman ini ya..[/update]
Disini saya menggunakan versi Microsoft Word 2016, tapi jangan khawatir, bagi teman-teman yang menggunakan versi lainnya, teman-teman sanggup menggunakan tutorial yang berada pada panduan ini, hanya saja mungkin ada beberapa hal yang agak berbeda.
Langsung saja, kita mulai dari..
1. Memulai Microsoft Word
Untuk memulai Microsoft Word, kita sanggup melakukannya dengan beberapa cara, diantaranya ialah:
1. Klik Start > All Programs > Word 2016. Untuk Microsoft Word versi lama, Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Word...
Microsoft Word akan terbuka, selanjutnya kita kenalan dengan bagian-bagiannya.
2. Mengenal Bagian-Bagian dalam Microsoft Word
Penjelasan:
1. Quick Access Toolbar: Secara defaul berisi tombol save, undo, dan redo, namun masih bisa ubah sesuaikan kembali.
- Tombol save dipakai untuk menyimpan dokumen
- Tombol undo dipakai untuk mengembalikan ke kondisi sebelumnya, jadi kalau ada pengaturan yang salah dan ingin dikembalikan lagi, klik ini.
- Tombol redo, ini kebalikan dari undo yaitu untuk mengembalikan ke kondisi setelahnya.
2. Title Bar: Judul / Nama dokumen yang sedang dibuat.
3. Icon Control Window: Untuk melaksanakan minimize window, full window / windowed mode, dan mengeluarkan program.
- Minimize window untuk menutup aktivitas sementara dengan mengecilkannya ke background dan bisa dibuka kembali untuk melanjutkan.
- full window/windowed mode untuk membuka aktivitas dengan ukuran full layar, dan windowed untuk membuka aktivitas dengan ukuran yang tidak full layar sehingga bisa membukanya bersamaan dengan aktivitas lain di layar yang sama.
- Tombol silang untuk menutup program.
4. Tab Menu.
5. Tell Me: Untuk mencari tools yang diinginkan.
- Fungsi ini bermanfaat sekali ketika kita ingin melaksanakan sesuatu tetapi tidak tahu letak dari perintahnya dimana.
- Misalnya kita ingin mengatur margin tapi tidak tahu letaknya, jadi kita ketikkan saja "margin" di kolom tersebut dan akan eksklusif muncul pengaturan yang diinginkan.
6. The Ribbon: Berisi sekumpulan tools yang terdapat disetiap Tab Menu.
7. Vertical Ruler: Penggaris vertikal.
8. Horizontal Ruler: Penggaris horisontal.
9. Document Area: Lembar kerja di Microsoft Word dimana kita biasa ngetik.
10. Vertical Scrollbar.
11. Status Bar: Berisi banyaknya halaman, banyaknya kata, dan lainnya.
12. Mode pembacaan dokumen dan pengaturan zoom.
Untuk memahaminya, teman-teman sanggup mencoba-coba klik pada bagian-bagian tersebut untuk melihat hasilnya.
3. Teknik Mengetik Cepat menggunakan 10 jari bukan 11 jari
Teknik mengetik menggunakan 10 jari, sebab 11 jari sudah terlalu mainstream 😂
Untuk melakukannya bekerjsama gampang, apalagi kalau teman-teman sebelumnya sering mengetik di hp yang keyboardnya qwerty, tata letak keyboard komputer niscaya mudah untuk diingat.
Namun hafal tata letak saja tidak cukup. Meskipun tata letak sudah ingat di luar kepala, namun dikala ngetiknya masih menggunakan teknik 11 jari, kecepatan mengetik akan lebih lambat dibanding dengan menggunakan teknik 10 jari.
Untuk melaksanakan teknik 10 jari, tipsnya mudah sekali, kita hanya perlu metakkan jari telunjuk asisten di tombol "J", jari telunjuk tangan kiri di tombol "F", dan tombol spasi pakai Jempol.
Kita sanggup melihat ilustrasinya:
Saat pertama kali memang kaku, sulit menyesuaikannya sebab sudah terbiasa dengan teknik 11 jari. Namun dengan latihan terus menerus akan terbiasa.
Proses tidak akan menghianati hasil ya teman-teman..
Sekarang ketik goresan pena apa saja sebanyak 4 baris atau beberapa baris.. yang pastinya menggunakan teknik 10 jari.. Lalu lanjut...
4. Cara Mengatur Typografi (Mengatur Ukuran Font, Jenis Font)
Sekarang kita akan mengatur penulisan di Microsoft Word, menyerupai mengatur ukuran font, jenis font, rata baris, dan lain-lain.
Kita sanggup mengatur typografi (tata penulisan) di Microsoft Word pada dikala sebelum memulai mengetik, dan sesudah mengetik isi dari suatu dokumen.
Barusan teman-teman telah mengetik beberapa baris, kini blok seluruh goresan pena yang telah dibuat, dan sambil di praktikkan.
Pengaturan dasar tata penulisan terletak pada Ribbon Tab Menu Home.
Penjelasan perkotak dari kiri ke kanan:
1. Kotak untuk memilih jenis font; Kotak untuk memilih ukuran font / teks; Untuk memperbesar font; Untuk memperkecil font; Mengatur penggunaan karakter besar atau kecil pada kalimat / teks; Untuk mengembalikan format penulisan.
2. Untuk mengatur bullet; Untuk mengatur numbering; Untuk mengatur bullet and numbering.
3. Untuk mengatur teks supaya menjorok ke luar; Untuk mengatur teks untuk menjorok kedalam;
4. Untuk menebalkan teks; Untuk memiringkan teks; Untuk menambahkan garis bawah pada teks; Untuk mencoret teks; Untuk menciptakan goresan pena kecil dibagian bawah teks; untuk menciptakan goresan pena kecil di atas teks (seperti pangkat contohnya); Menambahkan pengaruh pada teks; Menandai teks; Mengatur warna teks.
5. Mengatur goresan pena rata kiri; Mengatur goresan pena rata tengah; Mengatur goresan pena rata kiri; Mengatur goresan pena rata kanan dan kiri.
6. Untuk mengatur spasi.
7. Menambahkan warna background teks.
5. Cara Menyimpan Dokumen
Untuk menyimpan dokumen, caranya:
Klik Tab Menu File > Save, atau dengan menekan CTRL + S pada keyboard.
Klik browse, tentukan letak penyimpanannya dimana.
Masukkan nama filenya dan tentukan jenis filenya.
Ada banyak jenis file yang terdapat dalam sajian ini, diantaranya:
Namun biasanya pilihan yang banyak dipakai adalah:
1. Word Document: untuk menyimpan dengan jenis file Word yang sedang dijalankan. (dapat diedit kembali)
2. Word 97-2003 Document: untuk menyimpan dengan jenis file Word 2003. (dapat diedik kembali)
3. PDF: untuk menyimpan dengan jenis PDF. (tidak sanggup diedit kembali)
6. Cara Mencetak (Print) Dokumen
Untuk mencetak dokumen Microsoft Word,
Klik Tab Menu File > Print, atau dengan menekan tombol CTRL + P di keyboard, kemudian klik Print.
Nah sesudah kita berguru dari atas hingga pecahan ini, kita telah bisa untuk mengoperasikan dasar-dasar penggunaan Microsoft Word.
Selanjutnya tutorial akan berada pada postingan terpisah.. Berikut diantaranya...
Cara Print Hitam Putih di Word
Print dengan mode hitam putih sangat membantu sekali, salah satunya untuk menghemat pengeluaran dikala ngeprint dokumen di warnet atau daerah pengetikan.
Baca selengkapnya di: Cara Print Hitam Putih di Word
Cara Mengatur Jarak Spasi di Microsoft Word
Agar lebih nyaman ketika membaca dokumen, entah itu pada monitor atau ketika telah diprint, ada baiknya kalau spasi antar baris atau paragrafnya diatur.Terkadang kalau jarak antar barisnya terlalu sempit, goresan pena akan sulit untuk dibaca, begitupun juga kalau jarak antar barisnya terlalu renggang, jadi pilihlah jarak spasi yang pas.
Baca selengkapnya di: Cara Mengatur Jarak Spasi Antar Baris dan Paragraf di Microsoft Word
Cara Mengatur Margin di Microsoft Word
Mengatur Margin atau jarak garis tepi pada dokumen Microsoft Word.Biasanya pada dikala menciptakan suatu tugas, misalnya laporan praktikum, ada ketentuan-ketentuan penulisannya. Salah satunya yaitu jarak marginnya.
Untuk mengetahui bagaimana cara mengatur margin,
Baca Selengkapnya di: Cara Mengatur Margin di Microsoft Word
Cara Membuat Tabel
Salah satu kegunaan tabel yaitu mengelompokkan banyak data, dengan menggunakan tabel, data yang ada akan mudah untuk dibaca.Untuk menciptakan tabel,
Baca selengkapnya di: Cara Lengkap Membuat Tabel di Microsoft Word
Membuat Ruang Tanda Tangan yang Rapih
Ketika menciptakan surat atau dokumen yang memerlukan tanda tangan, biasanya kita menciptakan ruang tanda tangan dengan cara yang agak ribet, yaitu mengetiknya eksklusif dan meluruskannya dengan spasi yang banyak.Nah ada solusinya nih biar kita tinggal ngetik aja tanpa meluruskannya..
Baca selengkapnya di: Membuat Ruang Tanda Tangan yang Rapih di Word
Cara Agar Tulisan Menjadi Berkolom
Mengatur Penulisan di Microsoft Word sehingga menjadi berkolom-kolom menyerupai koran atau majalah.Baca selengkapnya di: Cara Membuat Tulisan Berkolom di Word
Membuat Drop Cap
Menjadikan karakter pertama di paragraf menjadi besar.Baca selengkapnya di: Cara Membuat Drop Cap
Cara Memasukkan Gambar di Microsoft Word
Memasukkan dan mengatur gambar di Microsoft Word.
Terkadang kita agak kesusahan untuk mengatur suatu gambar, ketika gambar digeser, goresan pena menjadi acak-acakan.
Untuk mengaturnya,
Baca selengkapnya di: Cara Memasukan gambar
Menyisipkan header
Header sangat mempunyai kegunaan sekali ketika menciptakan suatu dokumen. Contohnya kita sanggup memasukkan nomor halaman, kita sanggup menggunakannya untuk kop surat, dan lain-lain.
Untuk mengatur header,
Baca selengkapnya di: Will be updated soon
Menyisipkan footer
Sama menyerupai header, biasanya kegunaan footer yaitu untuk penomoran halaman. Namun kita juga bisa menggunakannya untuk banyak sekali hal lainnya, menyerupai untuk nama penulis, judul dokumen, dan lain-lain.
Untuk mengatur footer,
Baca selengkapnya di: Will be updated soon
Cara Membuat Nomor Halaman
Baca selengkapnya di: Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word
Membuat Border / Bingkai di Microsoft Word
Mungkin menyisipkan suatu border di suatu dokumen kini ini jarang digunakan, namun kita sebagai pengguna tidak ada salahnya untuk mengetahuinya.Untuk menciptakan border pada dokumen,
Baca selengkapnya di: Cara Membuat Border di Microsoft Word
Membuat Daftar isi Otomatis
Mungkin kita sudah terbiasa menciptakan daftar isi yang dibentuk secara manual.Nah kali ini kita akan menciptakan daftar isi yang otomatis, jadi kita hanya perlu sekali saja untuk menyesuaikannya. Untuk caranya,
Baca selengkapnya di: Membuat Daftar isi Otomatis
Membuat Footnote / Catatan Kaki
Biasanya ketika dalam suatu dokumen terdapat suatu kalimat atau kata yang kurang jelas, maka akan dijelaskan pada footnote. Untuk membuatnya,Baca selengkapnya di: Will be updated soon
Membuat Daftar Pustaka Otomatis
Ketika dokumen yang kita buat mengandung informasi dari orang lain, maka kita diharuskan untuk men-sitasi-nya dan mencantumkan sumbernya di halaman daftar pustaka.Kini tinggalkan cara usang yang manual. Untuk membuatnya secara praktis, ada cara otomatisnya, kita hanya perlu memasukkan data-data sumbernya, dan klik sana klik sini, selesai.
Baca selengkapnya di: Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word
Membuat Watermark di Word
Membuat / menyisipkan watermark pada dokumen Microsoft Word sangat mempunyai kegunaan sekali untuk menjaga identitas dari suatu dokumen yang dibuat.Apalagi yang sering menyebarkan dokumen di internet, dengan menggunakan watermark sumber identitas pemilik inshaAllah tidak akan terhapus.
Baca selengkapnya di: Cara Membuat Watermark di Word
Menggunakan Find and Replace
Cara mencari suatu kata atau kalimat di dalam dokumen Microsoft Word. Namun bukan hanya mencari saja, kita juga bisa mengubah kata yang dicari tersebut.
Misalnya di dalam suatu dokumen terdapat pecahan yang typo, menyerupai kata "paralel" yang seharusnya "parallel" sebanyak 40 kali. Nah untuk menggantinya, biasanya kita menggantinya satu persatu, dan dijamin ribet.
Nah dengan kemampuan Find and Replace ini, kata yang sebanyak 40 kali tersebut sanggup diubah dengan serentak, dan yang pastinya praktis.
Baca selengkapnya di: Mengganti Tulisan yang Sama secara Serentak
Menulis Rumus Matematika di Microsoft Word
Ada kalanya kita diberi kiprah yang diharuskan untuk menyisipkan rumus ke dalam dokumen Microsoft Word, namun kita tidak tahu bagaimana cara membuatnya.Ada 2 cara yang bisa kita gunakan, yaitu dengan Microsoft Word itu sendiri dan dengan menggunakan software tambahan.
Baca selengkapnya di: Cara Menulis Rumus Matematika di Word
Cara Membuat Label Undangan di Microsoft Word
Di dalam Microsoft Word terdapat tool yang dinakanan mail merge. Dengan tool tersebut, kita sanggup menggunakannya untuk banyak sekali hal, salah satunya untuk menciptakan label.Baca selengkapnya di: Cara Membuat Label Undangan di Microsoft Word
Dengan dasar ini, kita sanggup mengembangkannya menjadi hasil yang lain, menyerupai surat permintaan yang penerimanya banyak, label untuk buku pelajaran, dan lain-lain.
Mengatur Ukuran Kertas F4
Terkadang pada hal tertentu kita bisa saja harus menggunakan ukuran kertas F4 pada lembar kerja microsoft word, namun sayangnya ukuran F4 pada microsoft word tidak tersedia, sehingga harus kita setting dengan manual.
Baca selengkapnya di: Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word
Penutup
Masih ada yang kurang dari Panduan Belajar Microsoft Word ini?
Kalau begitu teman-teman sanggup melaksanakan request panduannya di kolom komentar.
Teman-teman juga sanggup bertanya di kolom komentar.
Mungikin sekian dari panduan ini, terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr wb.
0 Response to "Panduan Terlengkap Berguru Microsoft Word Bagi Pemula"
Posting Komentar