Contoh Aktivitas Fungsi Void Dan Non Void C++ : Menghitung Luas Dan Keliling Persegi Panjang

Fungsi non void atau fungsi berbalik nilai pada bahasa C++ identik dengan pengguanaan isyarat return di setiap sub programnya dan mempunyai tipe data pada sebelum nama fungsinya.

Sedangkan fungsi void atau fungsi tidak berbalik nilai identik dengan penggunaan void sebelum nama fungsinya dan tidak ada isyarat return di dalamnya.
  Fungsi non void atau fungsi berbalik nilai pada bahasa C Contoh Program Fungsi Void dan Non void C++ : Menghitung Luas dan Keliling Persegi Panjang
Contohnya yakni menyerupai isyarat kegiatan menghitung luas dan keliling persegi panjang di bawah ini:

#include <iostream> using namespace std;  float keliling (float p,float t){     float kel;     kel=(2*p)+(2*t);     return kel; }  void luas(float p, float t){     float lluas;     lluas=p*t;     cout<<"luasnya adalah: "<<lluas<<endl; }  int main() {     float p, t;     cout<<""<<endl;     cout << "menghitung luas dan keliling persegi panjang"<< endl<<endl;     cout<<"masukkan panjang: ";     cin>>p;     cout<<"masukkan tinggi: ";     cin>>t;     cout<<endl;     cout<<"kelilingnya adalah: "<<keliling(p,t)<<endl;     luas(p,t);     return 0; } 
Outputnya:
 Fungsi non void atau fungsi berbalik nilai pada bahasa C Contoh Program Fungsi Void dan Non void C++ : Menghitung Luas dan Keliling Persegi Panjang

Pada kegiatan tersebut, mempunyai dua jenis fungsi, fungsi keliling yakni fungsi non void, dan fungsi luas yakni fungsi void.

Karena fungsi non void sanggup membalikkan nilai, maka untuk menampilkan hasil perhitungannya sanggup dilakukan di main program.

float keliling (float p,float t){     float kel;     kel=(2*p)+(2*t);     return kel; }

Ditampilkan di:

int main() { ... cout<<"kelilingnya adalah: "<<keliling(p,t)<<endl; ... }

Dan sebab fungsi void tidak sanggup membalikkan nilai, maka untuk menampilkan hasil perhitungannya dilakukan di dalam fungsi itu sendiri.

void luas(float p, float t){     float lluas;     lluas=p*t;     cout<<"luasnya adalah: "<<lluas<<endl; }

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan biar bermanfaat.

0 Response to "Contoh Aktivitas Fungsi Void Dan Non Void C++ : Menghitung Luas Dan Keliling Persegi Panjang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel