Pengertian Sistem Operasi Dan Contohnya

Assalamu'alaikum wr wb.

    Komputer, netbook, smartphone, dan perangkat lainnya dapat dioperasikan oleh kita sebab paling tidak mempunyai satu sistem operasi, sistem operasi yang kini sudah berkembang pesat, hingga jam tangan, dan kacamata pun dapat ditanam sistem operasi, nah kemudian apa itu sistem operasi, berikut yang akan kita bahas.

 dan perangkat lainnya dapat dioperasikan oleh kita sebab paling tidak mempunyai satu sist Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya
Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya

Pengertian Sistem Operasi (Operating System)

    Sebelum kita membahas pengertian sistem operasi, alangkah baiknya kita tahu terlebih dahulu arti perkatanya, kita mulai dari sistem, sistem adala sesuatu yang saling berafiliasi satu dengan yang lainnya, sedangkan operasi dapat dikatakan sebagai tindakan atau pelaksanaan sebuah rencana, dari kata tersebut kita dapat menyimpulkan pengertian sistem operasi berdasarkan istilah ialah sesuatu yang saling berafiliasi yang melakukan suatu tindakan. Adapun pengertian bahasa ITnya ialah sebuah perangkat lunak dasar yang mengelola perangkat keras, menjalankan aplikasi, dan juga untuk mengelola operasi-operasi dasar komputer.

Fungsi Sistem Operasi.

    Sesuatu yang diciptakan niscaya mempunyai fungsi, sistem operasi pun sama, berikut fungsi-fungsi dari sistem operasi:

Untuk menjalankan aplikasi
     Coba bayangkan bila kita ingin menjalankan suatu aplikasi contohnya sebuah game di PC, sedangkan di PC tersebut belum terinstall sistem operasi, maka game tersebut tidak dapat dijalankan sebab tidak ada suatu sistem yang memproses aplikasi tersebut.

Memudahkan ketika mengoperasikan perangkat
     Ketika kita menulis suatu goresan pena pada suatu aplikasi, maka sistem operasi membantu menjalankan perintah-perintah pada aplikasi tersebut untuk menuliskannya, keyboard yang ditekan akan diproses di sistem operasi dan menampilkannya ke aplikasi tersebut, ketika tidak ada sistem operasi, menulis sesuatu niscaya akan kesusahan.

Mengefisienkan sumber daya
     Sistem operasi dapat mengkontrol hardware yang terpasang diperangkatnya, misalkan dapat untuk mengatur kecerahan layar sehingga daya yang dikeluarkan akan lebih sedikit, dan lainnya.

Contoh Sistem Operasi

    Banyak sekali sistem operasi yang sudah dibentuk hingga ketika ini, berikut ialah beberapa dari macam-macam sistem operasi:

Unix
    Unix ialah sistem operasi yang dimana dalam penggunaannya hanya menampilkan text mode saja, OS ini dibentuk oleh Dennis Richie dan Ken Thompson. Unix ini didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking, dan multi-user.

Windows
    Windows ialah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang dipimpin oleh Bill Gates yang juga sebagai pencipta sistem operasi tersebut, Microsoft Windows ialah sistem operasi yang berbayar, jadi kita harus membeli lisensinya terlebih dahulu untuk menggunakannya, hingga kini sistem operasi ini mempunyai banyak versi, misalkan windows xp, windows vista, windows 7, windows 8, dan yang gres kini ialah windows 10. Dalam pengoperasian windows ini akan lebih gampang dibandingkan sistem operasi yang hanya menampilkan text mode saja, sebab windows ini sudah menampilkan User Interface yang menampilkan gambar.

Mac OS
    Mac OS ini ialah sistem operasi yang dibentuk oleh Steve Jobs dan dikembangkan oleh perusahaan Apple, Mac OS ini populer sebagai sistem operasi yang premium, sebab kita hanya dapat mendapat sistem operasi ini ketika kita membeli perangkat Apple saja yang harganya memang relatif agak tinggi, Mac OS juga mempunyai banyak versi menyerupai Rhapsody, Kodiak, Cheetah, Puma, Jaguar, Phanter, Tiger, dll.

iOS
    iOS ialah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Apple, sistem operasi ini bergerak di perangkat mobile atau smartphone, sama menyerupai Mac OS, sistem operasi ini tidak dapat dipasang pada perangkat lain selain iPhone produk dari Apple.

Linux
    Linux ialah sistem operasi yang dibentuk oleh Linus Torvalds, OS ini diturunkan dari sistem operasi Unix, OS ini juga bersifat open source, maka jangan heran bila linux ini mempunyai aneka macam versi hingga ketika ini. Kita dapat melihat dan mendownload linux di distrowatch.com, adapun beberapa versi Linux ialah Ubuntu, Debian, RedHat, Kali, Fedora, dsb. Adapun versi linux karya anak bangsa diantaranya, BlankOn, IGOS Nusantara, ZenCafe, dan masih banyak lagi.

Android
    Sama menyerupai iOS, Android juga ialah sistem operasi mobile, sistem operasi ini dikembangkan oleh perusahaan Google, sistem operasi ini bersifat open source, jadi siapa pun dapat memodifikasi, mendistribusikan kepada orang lain secara gratis, android ini sistem operasi yang banyak dipakai pada smartphone ketika ini, tapi bukan hanya smartphone saja yang sudah dipasang Android, kini jam tangan, beling mata pintar, dan peralatan lainnya pun sudah dapat ditarapkan. Adapun beberapa versi android yaitu, Cupcake, Donut, Esclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, dan yang paling gres diliris ialah Android versi Marshmallow.

    Sebenarnya masih banyak lagi pola dari sistem operasi tersebut, contohnya Symbian, Ubuntu Touch, dll. Untuk sistem operasi yang pernah saya gunakan di antaranya ialah Windows, Linux, Symbian, dan Andoid.

    Mungkin sekian dari Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya, terimakasih sudah mengunjungi blog ini dan agar bermanfaat.

Silakan untuk berkomentar.

Wassalamu'alaikum.

0 Response to "Pengertian Sistem Operasi Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel